Ilmu Sosial Dasar 2

1. Jika anda menjadi seorang relawan yang terpilih dari kampus untuk dikirim ke lokasi
gempa,tetapi anda tidak mendapatkan banyaran apa yang anda akan lakukan ?

Jawab :

Yang jelas saya akan memilih untuk berangkat ke lokasi gempa sebagai seorang
relawan, walaupun tanpa banyaran atau karena lokasi gempa yang sangat sulit
dijangkau letaknya. Karena pada hakikatnya seorang mahasiswa itu harus mempunyai
rasa saling membantu antar sesama tanpa memandang agama ,suku dan budaya, selain
itu mahasiswa juga harus mempunyai rasa tanggung jawab atas tugas yang telah di
berikan kepada-nya. Apalagi ketika saya ditugaskan untuk menjadi seorang relawan yang pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang berat , tetapi seorang relawan juga dituntut harus mempunyai rasa ikhlas dalam membantu sesama dan tanggung jawab yang berat akan tetapi sebenarnya menjadi relawan bagi saya pribadi adalah tugas yang sangat menyenangkan dan asik untuk dikerjakan selain kita mendapat pahala atas apa yang telah dikerjakan dalam membantu sesama , saya juga mendapat banyak manfaat yaitu melatih kesabaran saya dalam menghadapi suatu masalah , menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama, dan saya juga dilatih untuk harus mempunyai rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Sebab apabila seseorang melakukan suatu pekerjaan yang hubungannya dengan kemanusiaan hanya mengharapkan imbalan sama saja orang itu tidak mempunyai rasa kemanusiaan dalam dirinya , dan tidak akan pernah merasakan kenikmatan dalam hidupnya.

2. Jika anda seorang mahasiswa yang menghadiri sebuah forum diskusi yang berbeda-beda fakultas kemudian terjadi perbedaan pendapat , dimana pendapat anda itu menurut anda berat , tetapi di sanggah oleh berbeda fakultas bagaimana anda menanggapinya? Dan apa yang anda lakukan……..!!!!!!

Jawab :

Bagi saya perbedaan pendapat merupakan suatu sikap yang biasa saja dalam suatu forum diskusi apalagi dalam sebuah diskusi kemahasiswaan. Karena bila dalam suatu forum dikusi tidak terjadi perbedaan pendapat di kalangan mahasiswa itu berarti kita tidak dapat merasakan kehidupan dalam suatu diskusi. Apalagi ketika dalam suatu dikusi saya secara pribadi terlibat dalam suatu beda pendapat dengan mahasiswa dari fakultas lain . walaupun pendapat saya sebenarnya sangat berat tetapi bagi saya disisi lain pendapat saya itu sangat memiliki banyak manfaat, kemudaan , dan mudah untuk diterapkan di kalangan mahasiswa baik untuk kemanusiaan maupun pribadi. Karena menurut saya dalam mengemukaan pendapat secara pribadi,saya harus memperhatikan dari berbagai segi positif dan negatif, agar pendapat kita bisa diterima oleh seluruh anggota diskusi. Dan bila ada seorang mahasiswa yang menyanggah pendapat saya , kiranya saya akan lebih mengabil dari sisi positifnya saja karena bila dalam suatu forum diskusi kita lebih meninggikan ego yang kita miliki secara pribadi tanpa memperhatikan sisi positifnya maka yang akan timbul adalah perkelahian bukan hasil yang diharapkan dalam suatu forum diskusi tersebut.

Tinggalkan Balasan

