Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Masyarakat (Tulisan 1)

Manusia sesungguhnya adalah makhluk social yang pada dasarnya memerlukan bantuan orang lain untuk dapat menjalankan kehidupannya. Dimana terjalin interaksi social antara manusia satu dengan manusia yang lain. Interaksi social merupakan kunci dari sebuah kehidupan social,sehingga manusia dapat menjalankan kehidupannya dengan sangat baik dengan lingkungannya.

Secara Umum proses social merupakan interaksi social dimana terdapat aktivitas-aktivitas social. Interaksi social dalam masyarakat saat ini sangat menunjukan hubungan –hubungan social yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang dalam suatu masyarakat ataupun kelompok manusia yang saling berinteraksi ,membentuk suatu organisasi sebagai wadah dalam melakukan suatu interaksi.

Interaksi dalam dalam masyarakat saat ini sangat mencolok , ini dibuktikan ketika terjadi benturan antara kepentingan perorangan dengan kepentingan kelompok.Interaksi social tak akan mungkin terjadi apabila manusia mengadakan hubungan yang langsung dan tidak adanya niat dalam diri seseorang untuk mengadakan hubungan dengan yang lainnya.Misalnya saja pemilihan ketua Rt ,seseorang mencalonkan dirinya sebagai calon ketua RT akan tetapi dia memiliki sikap yang sombong kepada masyarakat(tetangga) disekitar rumahnya, ini membuktikan bahwa manusia tidak akan dapat melakukan kehidupannya dengan sangat baik apabila manusia itu dapat dengan cepat memahami,mengenal,dan mengadakan hubungan yang baik dengan masyarakat lain dan dengan sikap yang baik pula.

Berlangsungnya suatu interaksi social dalam masyarakat, pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai factor diantaranya:

àImitasi = merupakan factor yang mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku

àIdentifikasi = merupakan factor yang mendorong manusia untuk menjadi dengan manusia lainnya.

è Simpati = factor ini merupkan suatu proses dimana manusia merasa tertarik dengan pihak lainnya,disamping itu adanya keinginan untuk memahami pihak lain dalam melakukan kerja sama dengannya.

Terdapat 2 syarat dimana manusia menjalankan interaksinya dlam masyarakat yaitu adanya kontak social ,yang dapat berlangsung dalam tiga bentuk yakni antarindividu,dan individu dengan kelompok organisasi dan adanya komunikasi yang baik dalam perilaku sehari-hari yang memberikan reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan. Suatu komunikasi dapat dengan mudah terjalin dengan baik tanpa adanya konflik social yang sangat bersifat negative bagi lawan bicara apabila terdapat kontak social yang bersifat positif yang mengarah pada suatu kerja sama dan hubungan yang baik.

Dalam arti penting suatu komuniaasi dan interaksi yang baik dalam diri seseorang merupakan perwujudan yang harus dikembangkan dalam masyarakat saat ini .Dengan adanya komunikasi yang bersifat primer maka akan terjalin hubungan yang sangat cepat dimana ketika seseorang belum mengenal satu dengan yang lain , mereka dapat menjalin komunikasi dengan sangat baik seperti orang yang sudah lama dikenal.

Persaingan dalam hubungan masyarakat saat ini terwujud karena adanya interaksi social yang bersifat negative terhadap suatu kehidupan masyarakat karena tidak adanya kemampuan untuk mengadakan interaksi social yang baik dengan pihak lain yang ada malah menyinggung perasaan manusia yang lain.

Bentuk persaingan dalam masyarakat sangat beragam adanya manusia yang bersaing harta kekayaan,jabatan dan sifat iri ,yang dalam jangka waktu yang lama bahkan singkat akan menimbulkan pertikaiaan yang melibatkan banyak pihak,selain itu juga berdampak pada perkembangan kehidupan anak bangsa.Untuk menangani masalah ini  perlu adanya kerja sama (Coorperation) yang sangat menunjang baik kehidupan kelompom maupun perorangan sehingga akan hubungan yang baik tanpa adanya pertikaian.

Fungsi Kerjasama digambarkan oleh Charles H.Cooleykerjasama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut; kesadaran akan adanya kepentingan-kepentingan yang sama dan adanya organisasi merupakan fakta-fakta penting dalam kerjasama yang berguna”

Dalam masyarakat terdapat 5 bentuk kerjasama yakni :

1.      Kerukunan yang mencakup gotong-royong dan tolong menolong

2.      Bargaining, Yaitu pelaksana perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara 2 organisasi atau lebih

3.      Kooptasi (cooptation), yakni suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan

4.      Koalisi (coalition), yakni kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan yang sama. Koalisi dapat menghasilkan keadaan yang tidak stabil untuk sementara waktu karena dua organisasi atau lebih tersebut kemungkinan mempunyai struktut yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Akan tetapi, karenamaksud utama adalah untuk mencapat satu atau beberapa tujuan bersama, maka sifatnnya adalah kooperatif.

5.      Joint venture, yaitu erjasama dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu, misalnya pengeboran minyak, pertambangan batubara, perfilman, perhotelan, dst.

Bentuk kerjasma ini dapat berjalan dengan baik bila adanya interaksi social yang terbentuk dalam masyarakat yang menjiwai rasa saling menghargai tanpa menyinggung perasaan orang lain sehingga tidak akan timbul dampak yang berjangka panjang bagi kehidupan pribadi maupun kelompok.

Sumber Referensi :

http://www.Google.com

Kutipan Republika, 27 JUli 1994:8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: